HELPING TEACHER
TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MATHEMATICS
TEACHING : Action Research of Indonesian Secondary Mathematics Teaching
By : Dr.
Reviewed by : Rosalia
Dalam GBHN dinyatakan bahwa pendidikan nasional perlu untuk selalu didefinisakn kembali, dikembangkan dan diperkuat dengan legisalasi yang terkait dan memberikan prioritas untuk menjabarkan peluang dan peningkatan kualitas pendidikan. pemerintah
Peningkatan kualitas guru merupakan isu dasar yang berpengaru terhadap peningkatan kualitas pendidikan di
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada pembelajaran matematika di sekolah menengah, pembelajaran yang dilaksanakan di
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan praktek pengajaran matematika sebagai dasar dari model mengajar yang baik bagi sekolah menengah dan juga sebagai asumsi dasar yang dapat dipelajari guru. adapun proses dari penelitian ini sendiri adalah perumusan masalah dan penganasisisan masalah. Kemudian dilanjutkan dengan renacana strategi. Setelah itu strategi di terapkan dalam pembelajaran dan dilakukan observasi. Kemudian dilakukan evaluasi dan refleksi dan dilanjutkan dengan siklus pada penelitian tindakan seperti pada umumnya.
Berdasarkan penelitian ini ditemukan beberapa permasalahna ynag ditemui oleh guru. permasalah tersebut antara lain : mencakup berbagai kebutuhan dari kompetensi akademik, melaksanakan pembelajaran yang menuntut siswa aktif, serta mengembangkan media pembelajaran. Guru juga kesulitan untuk mengembangkan fungsi dari LKS, mengembangkan skema untuk komunikasi dalam kelompok, dan mengembangkan media dan materi ajar. Untuk itu tidak hanya diperlukan pemberian pembekalan atau pendampingan saja akan tetapi juga diperlukan dukungan dan motivasi dari pihak-pihak lain seperti sistem pendidikan dan lingkungan sekolah.
Dengan meninvestigasi dan mengembangkan praktek pembelajaran yang baik di sekolah menengah mengunakan penelitian tindakan oleh guru mampu mengubah dan mengembangkan model pembelajaran agar mampu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. dalam penelitian ini tercatat bahwa masih diperlukan banyak usaha keras oleh guru untuk menampilkan praktek mengajar yang baik. Hasil dari penelitian ini menyarankan guru untuk meningkatkan pengajaran matematikanya dengan bermacam-macam kebutuhan kompetensi akademik siswa, mengupayakan agar siswa menjadi pembelajar yang aktif, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, dan mengembangkan media pembelajaran dan materi pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar