Looking for Alternative Models in Reference to Japanese Educational Experiences
MATH PROGRAMS FOR INTERNATIONAL COOPERATION IN
By : Dr.
Reviewed by : Rosalia
Seperti yang kita ketahui bersama mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan yang diamanahkan oleh para pendiri bangsa ini melalui pembukaan Undang-undang Dasar tahun 1945. Hal ini pulalah yang menjadi perhatian utama dari pemerintah
Sejak tahun 1968 pendekan yang lebih sistematis dikembangkan dalam pendidikan di
Pembelajaran matematika dan sains di
Dalam rangka mengembangkan pndidikan di Indonesia, JICA bekerjasama dengan pemerintah melaksanakan berbagai program guna menunjang hal tersebut. Selama empat tahun belakangan banyak aktifitas yang dilakukan oleh tiga universitas di Indonesia yakni UPI, UNY dan UM. Kegiatan ini dilakukan dengan cara melakukan penelitian di sekolah-sekolah. Dosen bekerjasama dengan guru guna melakukan penelitian terkait implementasi berbagai model pembelajaran yang innovative. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menemukan model yang baik bagi pendidikan di
Salah satu referensi model pendidikan adalah pendidikan di Jepang. Pendidikan matematika di Jepang saat ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana berfikir, sudut pandang dari berbagai hal, kesatuan pembelajaran matematika, menikmati dan mengembangkan metematika yang menakjubkan. Karakater dari penbelajaran di Jepang antara lain : reduksi dari content pendidikan, peningkatan jumlah kelas, pelaksanaan sekolah selama lima hari dalam seminggu, peningkatan pembelajaran aktivitsa matematika,aktivitas praktek dan operasional, aktivitas pemecahan masalah, dll, kegiatan pembelajar yang mendasar, memiliki tujuan untuk membelajarkan secara jelas, memiliki ketertarikan terhadap materi pelajaran, memiliki pandangan terkait pemecahan masalah, mengerti bagaimana untuk mengajar, menunjukkan pembelajaran seumur hidup melalui kemampuan dasar dll. Semua ini didukung pula oleh pemrintah yang bekerjasama dengan berbagai instansi lainnya seperti sekolah, industri, dll.
Kerjasama antara institusi pendidikan seperti yang ditunjukkan sebagai model alternative yang melihat pada pengalaman pendidikan di Jepang memeberikan beberapa keuntungan dan peluang untuk : mendiskusikan dan meningkatkan implementasi dari kurikulum dengan mengembangkan buku teks, materi ajar, metodologi mengajar, dan penilaiaan; memperkaya pengalaman guru matematika dan sains; meningkatkan kualitas belajar mengajar dan mengembangkan laboratorium; memecahkan masalah yang ditemui di sekolah; memberikan rekomendasi cara untuk meningkatkan pendidikan matematka dan sains; bertemu dan brbagi mengenai apa iu pembelajaran yang baik dalam pendidikan matematika dan sains.
Sebagai pertukaran pengalaman diantara institusi pendidikan dapat bervariasi seperti : melnyelengarakan seminar dan workshop, mengadakan kegiatan penelitian bersama, mempublikasikan dan mendesiminasikan hasil dari pertukaran pengalaman atau pun jurnal, membentuk komunitas atau hubungan melalui dunia maya diantara institusi maupun negara. Poin baik dalam pendidikan di Jepang yang dapat dijadikan contoh anatar lain : rata-rata kemampuan guru dan kualitas kelasnya tinggi, desain kelas dan pengajaran yang baik, lingkungan pendidikan, kondisi pendidikan dan sebagainya homogen dengan keadaan negaranya, gurunya rajin, prinsip kesamaan, rasatanggungjawab guru tinggi, perhatian guru relative baik terhadap peserta didiknya dan guru negeri harus berpindah dari satu sekolah ke sekolah lainnya dalam beberapa tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar