Developing Mathematical Methods in Learning the Total Area of a
Right Circular Cylinder and Sphere as well as the Volume of a Right Circular Cone of the Indonesian 8th Grade Students
Oleh : Marsigit, Mathilda Susanti, Elly Arliani
Direview oleh : Rosalia Hera NS
“Jika ingin makmur setahun, tanamlah biji-bijian. Jika ingin makmur sepuluh tahun, tanamlah pohon. Jika ingin makmur 100 tahun, kembangkan manusia. “ (Konfusius, 551 SM – 479 SM)
Mengembangkan manusia merupakan suatu hal yang dituju oleh semua generasi. Dan dalam rangka menembangkan manusia ini, hal penting yang perlu diperhatikan adalah di bidang pendidikan. Seperti yang dinyatakan dalam UU no 20 tahun 2003 Sindiknas, sistem pendidikan di Indonesia harus mengembangkan kepandaian dan kemampuan individu, meningkatkan kepemimpinan yang baik, patriotisme, dan kepedulian sosial, hendaknya menjaga kebiasaan/tingkah laku yang baik serta mengembangkannnya. Oleh karenanya pengembangan kualitas pendidikan merupakan hal yang penting guna meningkatkan standar pendidikan di Indonesia.
Sedangkan pembelajaran matematika adalah suatu proses mengembangkan kemampuan dan keterampilan matematika siswa agar mampu menerapkan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari ilmu pengetahuan yang lain. Oleh karenanya metode matematika merupakan hal yang penting untuk dikembangkan guna menunjang pengembangan manusia seutuhnya. Oleh karenanya dalam hal ini diteliti mengenai faktor-faktor yang terkait dengan kemampuan siswa untuk mengembangkan metode matematika.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui lesson study di dua kelas berbeda yakni kelas 8A dan 8B. Desain dari penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Sedangkan instrumen yang digunakan meliputi angket, wawancara, observasi saat pembelajaran. Kegiatan ini diawali dengan diskusi antara peneliti dengan guru.
Dalam pelaksanaannya siswa memanipulasi model dari silinder dan kerucut siku-siku dengan tujuan mengidentifikasi komponen-komponennya. Dan ketika gfuru memberikan perntanyaan atau memberikan tugas mereka menujukkan kemampuan abstraksi matematikannya. Beberapa murid menjelaskan konsep silinder melalui beberapa contoh dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian dilakukan abstaksi untuk menjelaskan komponen-komponenya yakni lingkaran, tinggi dan jari-jari lingkaran. Hal ini juga dilakukan untuk menjelaskan mengenai konsep bola dan kerucut yakni melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan bekerja dalam kelompok siswa dapat mengembangkan kemampuan menganalogikan suatu kejadian. Proses pengembangan ini terjadi ketika siswa menghitung luas permukaan dari silinder yang sama dengan luas dari persegi panjangnya. Begitupun ketika mencari luas permukaan bola dengan cara melilitkan tali di permukaan tersebut. Sedangkan kemampuan berfikir induktif berkembang melalui korelasi serta bentuk dari permasalahan-permasalahan terkait luas daerah tersebut. Hal ini berkembang dari awal pelajaran hingga akhir atau diperoleh kesimpulan.
Metode matematis dapat dikembangkan pada siswa melalui skema dalam proses belajar mengajar sebagai berikut :
1. Pengembangan dan pemahaman masalah dapat dikembangkan melalui langkah berikut :
a. pemberian model dari silinder, bola dan kerucut.
b. Mengidentifikasi komponen dari silinder, bola dan kerucut.
c. Menyatakan konsep dari silinder, bola dan kerucut siku-siku.
d. Mendapatkan pertanyaan dan catatan dari guru untuk mengulas/ lebih memahami konsep.
2. Penetapan Pandangan atau cara berfikir melalui :
a. Bekerja untuk mencari luas daerah dari silinder, bola dan kerucut siku-siku melalui model.
b. Belajar untuk mengetahui bahwa tinggi silinder sama dengan lebar dari persegi panjang, dan keliling lingkarannya sama dengan panjang persegi panjang.
c. Belajar untuk mengetahui volume dari sebuah kerucut siku-siku.
d. Membongkar bentuk silinder menjadi komponen-komponennya.
3. Penyelesaian masalah dilakukan ketika siswa :
a. Mencoba mencari luas daerah dari bagian-bagian silinder.
b. Mencoba mencari luas daerah total dari sebuah silinder.
c. Mencoba mencari luas daerah dari bola.
d. Mengumpulkan data untuk menghitung volume dari kerucut siku-siku dengan mengaitkanya dengan volume silinder.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar