Kamis, 17 November 2011

GOOD PRACTICE OF MATHEMATICS TEACHING TROUGHT LESSON STUDY AND TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT

GOOD PRACTICE OF MATHEMATICS TEACHING TROUGHT LESSON STUDY AND TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT

By : Dr. Marsigit

Reviewed by : Rosalia Hera NS

Mengabungkan dari nilai material dan empiric, di Indonesia isu yang sedang berkembang di bidang pendidikan adalah bagaimana memperkenalkan kurikulum yang interaktif daripada instrument kurikulum, bagaimana memperkenalkan pendekatan yang berpusat pada siswa daripada guru, bagaimana memperkenalkan inisiasi dari siswa daripada dominasi guru dan bagaimana memperkenalkan kurikulum yang sederhana dan fleksibel. Dalam praktek pembelajaran yang baik, guru perlu merefleksikan pembelajaran mereka. Refleksi ini merupakan salah satu cara untuk mengubah paradigm dari paradigm lama ke paradigm baru. Guru harus berpindah dari sekedar mentransfer ilmu menuju ke mengkonstruksi pengetahuan siswa.

Menurut undang-undang yang terangkum dalam sistem pendidikan nasional no 20 tahun 2003, pendidikan di Indonesia harus mengembangkan kecerdasan intelektual dan kemampuan individu, memperkenalkan managemen yang baik, patriotism dan bertanggungjawab sosial. Meningkatkan kualitas pengajaran merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan standar pendidikan di Indonesia.

Berdasarkan peraturan menteri tahun 2006 no 22, 23, 24, sejak juni 2006, pemerintah Indonesia telah sepakat untuk melaksanakan kurikulum yang baru yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk pendidikan pertama dan kedua. Dengan kurikulum ini proses belajar matematika berkembang kedalam banyak area pengetahuan yang berbeda dan juga banyak kemampuan. Tentunya hal ini memunculkan tantangan baru bagi seluruh komponen pendidikan termasuk guru. Guru hendaknya mampu memanagemen kelas dengan baik serta mampu mengembangkan seluruh aspek pembelajaran salah satunya metode yang akan digunakan.

Untuk mengembangkan metode belajar mengajar, guru perlu merencanakan scenario pengajaran,. Scenario ini berguna untuk merencanakan kegiatan siswa, merencanakan peranan guru, untuk mendistribusikan penugasan, untuk mengembangkan pengevaluasian, dan untuk memonitori kemajuan prestasi siswa. Untuk mengembangkan pengalamannya, guru juga perlu untuk mengikuti workshop atau seminar secara berkala. Dengan mengunakan materi pembelajarang tersebut guru dapat mengatur proses belajar mengajar secara efisien. Siswa dapat lebih nyaman dalam belajar karena mereka turut aktif didalamnya. Cara tersebut juga dapat meningkatkan motivasi siswa dan ketertarikannya terhadap meteri.

Lebih jauh lagi, peningkatan kualitas pendidikan matematika, pemerintah pusat perlu untuk : mengimplementasikan kurikulum yang cocok yakni yang lebih simple dan fleksibel; mengkaji kembali peranan guru, dimana guru hendaknya berfungsi sebagai fasilitator; mengkaji kembali prinsip-prinsip yang ada, prinsip tersebut diharapkan mampu mendukung pengembangan keprofesionalitasan guru melalui kegiatan training, rapat, dsb; mengkaji kembali mengenai sekolah; mengkaji kembali peranan pengawas; meningkatkan keleluasaan guru untuk menginovasi pembelajaran; memperkenalkan kerjasama yang bagus antara sekolah dengan universitas; mengkaji kembali sistem evaluasi dan berusaha mensukseskan pelaksanaan paradigm baru dan pendidikan yang inovatif.

1 komentar:

  1. Skenario pengajaran itu memang penting sekali ya!

    berkawan dengan saya ya, jangan lupa kunjungi dan follow blog saya http://kampungkaryakita.blogspot.com/. Saya sudah memfollow blog ini.. Sukses :)

    BalasHapus